Kamis, 27 Maret 2014

9 Karakter Pemimpin, Apa Saja ?

Fallah Ansoryllah / / 0

      Menurut orang banyak Pemimpin itu adalah seseorang yang berkuasa di suatu daerah ataupun negara/bangsa. Namun seharusnya pemimpin itu juga sebagai pengatur daripada rakyat yang dipimpinnya.  Pemimpin mutlak harus memiliki 9 karakter seperti Jujur, Berani, Tegas, Adil, Cakap, Berintegritas, Bijaksana, Cerdas dan juga Sehat. Namun sayang, Pemimpin yang seharusnya menjadi Panutan kini justru sebagai yang berkuasa, bertindak sesuka hati, membuat peraturan sendiri tanpa adanya musyawarah, dan bahkan pemimpin-pemimpin kini malah melakukan KORUPSI,dimana hal tersebut  jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Seharusnya pemimpin itu Mentegakkan Peraturan Tuhan bukan Membuat Peraturan Sendiri….
  • Jujur
Jujur berarti tidak bohong, berkata apa adanya. Dengan sifat ini pemimpin mampu dipercaya oleh rakyatnya.
  • Berani
Jika pemimpin itu JUJUR pasti memiliki sifat berani, kenapa ? karena Berani berbicara yang benar, Berani menyampaikan kebenaran. Berani mengambil resiko meskipun ditentang banyak orang.
  • Tegas
Tegas adalah Berani mengambil KEPUTUSAN tidak ragu-ragu. Jika sudah menjadi keputusan bersama, maka harus dilaksanakan dengan baik.
  • Adil
Setelah Berani, kita menuju ke sifat selanjutnya yakni Adil. Adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya, sehingga tidak ada yang dirugikan. Adil disini bukan “ Sama Rata ” tetapi sesuai kebutuhan.
  • Cakap
Cakap adalah pantas dan mampu bertanggung jawab jika diberi tugas. Mengerjakan tugas tersebut dengan tulus, ikhlas, dan tidak pamrih ( tidak mengambil keuntungan ).
  • Berintegritas
Berintegritas adalah mampu menyatukan banyak pendapat, menyatu dengan rakyat. Harus Konsisten jika telah mengambil Keputusan.
  • Bijaksana
Bijaksana itu selalu menggunakan akal budinya,arif,tajam pikiran,pandai,hati-hati,dan bertindak win-win solution.
  • Cerdas
Cerdas adalah sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar ( Wikipedia ). Cerdas dalam segala hal ( IQ, SQ dan EQ )
  • Sehat
Yang terakhir ( ke-9 ) adalah Sehat. Percuma saja jika pemimpin memiliki ke-8 sifat diatas jika tidak sehat Jasmani maupun Rohani. Dapat diartikan disini Sehat adalah kondisi Jasmani dan Rohani yang bugar dan seimbang.

Fallah Ansoryllah


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
Follow me @Bloggertheme9

0 komentar:

Recent News